Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 1 (2024): Februari

Menjadi Generasi Maju dengan Memahami Demokrasi, Pancasila dan UUD 1945 Dalam Konteks Indonesia

Cahyati, Baiq Sidni (Unknown)
Zahra, Fayza Az (Unknown)
Naima, Nur (Unknown)
Hasanah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2024

Abstract

Peran demokrasi, Pancasila, dan UUD 1945 dalam membangun karakter dan jati diri suatu bangsa sangatlah penting berdasarkan informasi dari berbagai sumber. Demokrasi, sebagaimana disoroti dalam konteks pendidikan dan kewarganegaraan, bertujuan untuk mempersiapkan warga negara untuk berpikir kritis dan bertindak demokratis, memastikan adanya masyarakat yang menjunjung tinggi hak-hak warga negaranya. Hal ini mencakup penanaman kesadaran akan demokrasi sebagai pandangan hidup yang menjamin hak dan kewajiban setiap individu untuk menjadi warga negara yang cerdas, terampil, dan berkarakter sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Pancasila sebagai ideologi dasar negara Indonesia yang merangkum nilai-nilai luhur dan budaya bangsa, menjadi pedoman perilaku masyarakat Indonesia. Terdiri dari lima nilai, yakni: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan, Persatuan, Demokrasi, dan Keadilan Sosial, yang secara kolektif membentuk perilaku masyarakat Indonesia. Nilai-nilai Pancasila yang mengakar kuat dalam masyarakat dan budaya Indonesia mewakili hakikat jati diri dan karakter bangsa. Sebaliknya UUD 1945 berperan penting dalam membentuk jati diri bangsa dengan mencerminkan budaya dan ciri khas bangsa. UUD 1945 juga berfungsi sebagai landasan hukum dan ideologi nasional Indonesia, yang mewujudkan nilai-nilai yang berkembang dalam masyarakat dan budaya Indonesia. Undang-Undang Dasar yang disusun melalui musyawarah dan mewakili prinsip filosofis bangsa Indonesia, yang mengedepankan demokrasi, keadilan sosial, dan kemanusiaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...