Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 4 (2023): November

Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Flashcard Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa

Mardianti, Hidayatul (Unknown)
Sukardi, Sukardi (Unknown)
Wadi, Hairil (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat tidaknya pengaruh model pembelajaran quantum teaching berbantuan flashcard terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam riset ini ialah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Aikmel, yang sampelnya diambil secara random setelah penyepadanan kelas. Pendekatan yang digunakan ialah kuantitatif dengan tipe quasy experiment dengan rancangan posttest only with non equivalent control group design. Adapun pengumpulan informasi memakai uji berupa opsi ganda yang telah terpenuhi ketentuan pengujian instrumen. Analisis informasi memakai statistik deskriptif. Ada pula uji persyaratan informasi diuji cobakan dengan memakai uji normalitas serta uji homogenitas. Hasil riset ini menampilkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran quantum teaching berbantuan flashcard terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0.000 <  0.05 (5%). Hal ini membuktikan  kelas eksperimen mempunyai nilai yang lebih besar dibandingkan kelas kontrol yang diukur dengan aspek kognitif C1, C2, C3, C4. Implikasi secara teoritis bahwa temuan ini mengkonfirmasi penguatan teori yang menjadi basis model pembelajaran quantum teaching khususnya pada teori konstruktivistik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...