Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 1 (2024): Februari

Remediasi Kesalahan Menyelesaikan Soal Menggunakan Umpan Balik Berbantuan Google Classroom di SMP

Reksi, Makarius (Unknown)
Sitompul, Stepanus Sahala (Unknown)
Hamdani, Hamdani (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2024

Abstract

Peserta didik Ketika diberikan soal seringkali mengalami banyak kesalahan dalam menyelesaikannya. Oleh karena itu perlu dilakukan remediasi kepada peserta didik agar dapat menyelesaikan soal dengan baik dan benar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penurunan jumlah kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik setelah mereka diberi remediasi umpan balik berbantuan melalui Google Classroom pada materi getaran dan gelombang di SMP Negeri 21 Pontianak. Bentuk desain penelitian ini adalah pre-experiment dengan desain one group pretest posttest. Penelitian ini melibatkan populasi kelas VIII, dengan sampel yang dipilih kelas VIII C. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pengukuran pretest dan posttest. Penelitian menggunakan instrument tes. Jumlah kesalahan yang dilakukan siswa baik sebelum maupun sesudah perawatan dapat dihitung dengan melakukan analisis data. Berdasarkan hasil analisis data, jumlah kesalahan yang dilakukan siswa menurun. Berdasarkan hasil uji statistik menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank Test diperoleh hasil bahwa nilai asymp.sig= 0,000 dan nilai tersebut dibawah 0,05 yang menandakan bahwa Ha diterima sehingga kesimpulannya terdapat perbedaan jumlah kesalahan yang dialami oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal pada materi getaran dan gelombang sebelum dan sesudah diberikan remediasi berupa umpan balik berbantuan google classroom.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...