Salah satu metode pembelajaran sosial adalah metode pembelajaran role playing yang melibatkan pemberian karakter kepada siswa untuk dimainkan dalam konten atau peristiwa yang disajikan sebagai kisah langsung. Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa lah yang menjadi tujuan dalam penelitian ini untuk dapat diketahui. Studi ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Tahapan penyajian data, reduksi data, dan kesimpulan digunakan untuk mengkaji data pada penelitian ini. Observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara merupakan instrumen penelitian yang digunakan. Hasil temuan menunjukkan keaktifan siswa pada siklus ke-I sebeser 62,5% atau 20 siswa yg aktif dari 32 siswa di kelas mengalami peningkatan sebesar 21,9% menjadi 84,4% atau 27 siswa yang aktif. Sedangkan pada hasil belajar, sikluas 1 menunjukkan data sebesar 59% atau 17 siswa yang tuntas kemudian pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 84,4% atau 27 siswa yang tuntas dari 32 siswa di kelas. Data statistik ini membuktikan bahwa penggunaan model role playing berbantuan media film dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XII.
Copyrights © 2023