Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 4 (2023): November

Pengembangan Instrumen Questioning Skills Berdasarkan Domain Kognitif Taksonomi Bloom Revisi Untuk Evaluasi Kemampuan Bertanya Siswa SMA Pada Pembelajaran Biologi

Kusuma, Anindita SHM (Unknown)
Setiadi, Dadi (Unknown)
Handayani, Baiq Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Kualitas kognitif pertanyaan siswa masih belum ada instrument pengukurnya, sehingga perlu instrument khusus yang dapat digunakan untuk menilai kualitas pertanyaan siswa berdasarkan kualitas tingkat kognitifnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini berupa instrumen Questioning Skills. Desain pengembangan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah 4D. Hasil dalam penelitian pengembangan ini yakni sebagai berikut, 1) Instrument yang telah dikembangkan berupa instrument Questioning Skills yang mengacu pada domain kognitif dalam Taksonomi Bloom revisi. Instrumen Questioning Skills yang telah dikembangkan dikelompokkan menjadi 2 (dua) bagian yakni domain kognitif dan tipe kognisi yang dibutuhkan untuk menjawab. Instrument ini disertai rubrik penyekoran yang dapat diukur (measureable) dengan skor masing masing pernyataan adalah 1-6. Pernyataan dengan domain kognitif mengingat diberi skor 1, pertanyaan dengan domain kognitif memahami diberi skor 2, pertanyaan dengan domain kognitif mengaplikasikan diberi skor 3, pertanyaan dengan domain kognitif menganalisis diberi skor 4, pertanyaan dengan domain kognitif mengevaluasi diberi skor 5, pertanyaan dengan domain kognitif mencipta diberi skor 6, 2) Validasi internal terhadap instrument dilakukan sebanyak 4 kali dan diketahui bahwa keseluruhan nilai validitas akhir yang diperoleh aspek kejelasan, ketepatan, kevalidan, relevansi dan ketepatan bahasa dan tulisan adalah valid. Saran rekomendasi untuk penelitian pengembangan ini adalah sebagai berikut, 1) Instrumen Questioning Skills yang telah dikembangkan perlu diuji coba digunakan dalam penelitian untuk uji respon penguna terhadap instrument yang telah dikembangkan, 2) Instrument Questioning Skills masih perlu dievaluasi (setelah diimplementasikan) berdasarkan masukan yang didapat dari angket respon atau catatan lapangan pada lembar observasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...