Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Deep Dialog/Critical Thinking (DD/CT) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Batukliang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik Sampling Jenuh, di mana semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel. Instrumen untuk mengukur kemampuan berpikir kritis adalah tes tulis berupa pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat dari penelitian ini terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney. Hasil uji Mann Whitney pada data berpikir kritis dan menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis, menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Deep Dialog/Critical Thinking (DD/CT) terhadap kemampuan berpikir kritis dan biologi peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Batukliang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023