Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 4 (2023): November

Future-Oriented Education: The Contribution of Educational Philosophy in Facing Global Challenges

Muliadi, Erlan (Unknown)
Nasri, Ulyan (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2023

Abstract

Pendidikan berperan sebagai pilar utama dalam membentuk masa depan individu dan masyarakat, terutama dalam konteks globalisasi dan perubahan yang cepat. Tinjauan literatur ini bertujuan untuk menjelaskan kontribusi filsafat pendidikan dalam mengatasi tantangan global. Melalui analisis literatur filsafat pendidikan, penelitian ini berusaha mengidentifikasi nilai-nilai dan prinsip-prinsip esensial yang mendukung pendidikan dalam menghadapi perubahan global. Temuan utama mengungkapkan bahwa filsafat pendidikan memberikan dasar moral yang kuat, berfokus pada pengembangan karakter, dan mendorong pemikiran kritis serta kreativitas dalam pembelajaran. Selain itu, filsafat pendidikan menekankan hak asasi manusia, pluralisme, dan kesetaraan, yang sangat penting dalam mengatasi isu-isu global seperti konflik, ketidaksetaraan, dan masalah lingkungan. Penelitian ini juga menegaskan pentingnya mengintegrasikan nilai-nilai filosofis ke dalam kurikulum dan praktik pengajaran untuk mencapai pendidikan berorientasi masa depan. Oleh karena itu, filsafat pendidikan bukan hanya bersifat teoretis tetapi merupakan landasan penting yang membimbing transformasi pendidikan di tengah kompleksitas dunia kontemporer. Hasil penelitian ini menunjukkan kontribusi signifikan filsafat pendidikan dalam mempersiapkan peserta didik untuk masa depan yang lebih baik. Pengembangan sistem pendidikan yang mengintegrasikan nilai-nilai filosofis berpotensi menjadi tonggak penting dalam menghadapi tantangan global dan menciptakan generasi yang cerdas, etis, dan adaptif di tengah perubahan dunia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...