Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 4 (2023): November

Pengembangan E-Modul Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik

Utari, Wiwin Melia (Unknown)
Gunada, I Wayan (Unknown)
Makhrus, Muh. (Unknown)
Kosim , Kosim (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model penelitian yang digunakan adalah 4D (Four The Models). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan efektivitas e-modul fisika model problem based learning berbasis flipbook untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MAN 1 Mataram dengan objek penelitian 30 peserta didik. Produk hasil penelitian pengembangan e-modul fisika model problem based learning berbasis flipbook telah dinilai dan divalidasi oleh validator ahli dan validator praktisi. Hasil penilaian beradasrkan penilaian validator ahli sebesar 80 % dengan kategori cukup valid dan validator praktisi sebesar 93% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan e-modul fisika model problem based learning berbasis flipbook berdasarkan penilaian dari peserta didik diperoleh rata-rata nilai sebesar 89% dengan kategori sangat positif. Efektivitas e-modul fisika model problem based learning berbasis flipbook untuk meningkatkan keterampilan berpikir peserta didik didapat dari hasil analisis uji N-Gain dari hasil nilai pretest dan pospttest peserta didiik. Hasil N-Gain yang diperoleh yaitu 0,69 dengan kategori sedang. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...