Pada zaman milenial, model Project Based Learning (PJBL) semakin menjadi sorotan karena kemajuan teknologi, perubahan dalam kebutuhan pekerjaan, dan perkembangan pola pikir siswa. Melalui pelaksanaan proyek, siswa bisa mengembangkan bakat dan keterampilannya. Untuk itu  penelitian ini bertujuan membahas lebih detail pembelajaran berbasis proyek pada tingkat satuan pendidikan dasar, berdasarkan verifikasi hasil analisis artikel penelitian untuk mengkaji lebih detail apakah model pembelajaran PjBL efektif diterapkan dalam pembelajaran pada tingkat satuan pembelajaran di pendidikan dasar dan menggali keterampilan berpikir manakah yang dapat meningkatkan hasil belajar untuk selanjutnya dapat diterapkan dalam berbagai kegiatan pembelajaran di kelas dalam mencapai tujuan pembelajaran yang menarik dan dapat diterima siswa. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Penerapan SLR dalam penelitian ini mencakup tiga tahapan systematic literature review (SLR) yaitu planning, conducting dan reporting. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan ialah Penggunaan model Project Based Learning sangat efektif dalam meningkatkan kreativitas, motivasi dan hasil belajar khususnya pada pendidikan dasar, sehingga siswa tertarik dalam keterampilan pembuatan produk dan mempunyai kemampuan berpikir kritis. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis dari 19 artikel sedangkan 5 artikel menunjukkan bahwa penerapan model PjBL akan sangat optimal dipadukan dengan metode, strategi, media, APE dan metode pembelajaran tertentu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023