Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 3 (2023): Agustus

Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa

Kusuma, Anindita SHM (Unknown)
Nurmawanti, Iva (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Strategi pembelajaran konvensional masih mendominasi dalam perkuliahan di program studi PGSD termasuk pada matakuliah statistika pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari strategi pembelajaran Problem-based Learning (PBL) terhadap metakognitif dan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan statistika. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif jenis quasi-experimental, nonequivalent control group design. Analisis data menggunakan Analisis Kovarian (Anakova). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran Problem-based learning (PBL) terhadap keterampilan metakognitif dengan rata-rata terkoreksi kelas eksperimen yakni 72.749 lebih tinggi daripada rata-rata terkoreksi kelas kontrol yakni 68.942. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan metakognitif mahasiswa yang diajar menggunakan    strategi pembelajaran PBL saat mengikuti perkuliahan stataistika lebih tinggi daripada  keterampilan  metakognitif  mahasiswa  yang diajar menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Strategi pembelajaran PBL juga berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dengan rata-rata terkoreksi kelas eksperimen yakni 73.412 lebih tinggi daripada rata-rata terkoreksi kelas kontrol yakni 73.916. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah mahasiswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran PBL saat mengikuti perkuliahan statistika lebih tinggi daripada  kemampuan pemecahan masalah  mahasiswa  yang diajar menggunakan strategi pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...