Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 3 (2023): Agustus

Menyiapkan Guru Profesional Melalui Program Pengenalan Lapangan Persekolahan

Sahira, Emilia (Unknown)
Herianto, Edy (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) merupakan salah satu wahana bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu kependidikan yang telah dipelajari ke satuan pendidikan. Kegiatan PLP dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Mataram di berbagai satuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi PLP di satuan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan berdasarkan metode praktik, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil data dianalisis berdasarkan penelitian studi kasus. Hasilnya menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengembangan kultur sekolah yang berbasis pada pengembangan visi, misi, kegiatan intra, ko, dan ekstra kurikuler. (2) telah ada upaya untuk mengembangkan kemampuan berfikir tingkat tinggi dan kritis yang tertuang pada rancangan, implementasi, dan ebvaluai kegiatan pembelajaran calon guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...