Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2024): Mei

Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Era Pembelajaran Abad 21

Sakti, Norida Canda (Unknown)
Ainiyah, Maf Ulatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2024

Abstract

Peserta didik memiliki karakteristik yang beragam. Diperlukan metode pembelajaran yang efektif untuk mengakomodasi perbedaan tersebut. Pembelajaran berdiferensiasi hadir sebagai solusi untuk pelaksanaan pembelajaran yang inklusif di era kurikulum merdeka. Kolaborasi berbasis proyek memberikan dampak yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru di sekolah sudah baik, namun masih perlu adaptasi agar lebih fleksibel dalam perubahan di dunia pendidikan. Berdasar urgensi tersebut, peneliti bermaksud untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan metode pembelajaran Project Based Learning yang dikombinasikan dengan pembelajaran berdiferensiasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan belajar peserta didik setelah menerapkan metode pembelajaran Project Based Learning berdiferensiasi, dengan rincian sebagai berikut; persentasi ketuntasan pada pre-test sebesar 41,67%, ketuntasan pada siklus 1 sebesar 72,22%, ketuntasan pada siklus 2 sebesar 83,33%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...