Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 1 (2024): Februari

Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Pembelajaran PPKn dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Siswa

Nurjumiati, Nurjumiati (Unknown)
Sumardi, Lalu (Unknown)
Sawaludin, Sawaludin (Unknown)
Herianto, Edy (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2024

Abstract

Media pembelajaran video animasi memiliki fungsi sebagai rangsangan pikiran, perasaan, perhatian dan motivasi memperjelas materi pelajaran. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 4 Kota Bima. Kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen serta nonequivalent control group design digunakan dalam kajian ini. Populasinya ialah siswa kelas X1 – X11 berjumlah 395 siswa. Purposive Sampling menjadi teknik pengambilan sampel dan didapatkan kelas X5 35 siswa jadi kelas eksperimen dan X2 35 siswa jadi kelas kontrol. Teknik tes, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data serta uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian didapatkan mean pretest kelas eksperimen yaitu 35,9 dan pretest kelas kontrol 36. Rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 86,82 dan posttest kelas kontrol 79,5. Setelah diuji hipotesis menggunakan uji-t didapatkan 8,43 sedangkan   1,69. Kriteria pengujiannya jika  (8,43 > 1,69) jadi, Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya ialah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 4 Kota Bima.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...