Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 1 (2024): Februari

Pengembangan Modul Laju Reaksi Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi TPACK untuk Fase F

Yerimadesi, Yerimadesi (Unknown)
Afendi, Silvia (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul laju reaksi berbasis problem based learning terintergrasi TPACK untuk peserta didik fase F SMA serta menganalisis hasil validitas dan praktikalitas modul yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan four D. Penelitian ini dilakukan sampai tahap develop, yaitu uji validitas dan praktikalitas. Instrument validitas yang digunakan berupa angket. Modul divalidasi oleh tiga orang dosen kimia FMIPA UNP dan dua orang guru kimia dan uji praktikalitas dilakukan kepada dua orang guru kimia dan 33 orang peserta didik fase F. Data validitas dianalisis dengan menggunakan rumus Aiken’s V dan data praktikalitas dianalisis dengan presentase skor capaian kelayakan praktikalitas produk. Dari hasil penelitian didapatkan rata-rata skor validitas 0,90 dengan kategori valid dan rata-rata skor praktikalitas 96% (oleh guru) dan 89% (oleh peserta didik) dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul laju reaksi berbasis problem based learning terintegrasi TPACK untuk peserta didik fase F SMA telah valid dan praktis . Disarankan untuk peneliti lain agar bisa dilakukan uji efektifitasnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...