Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 1 (2024): Februari

Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Media ARCA Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD

Umami, Retno Rhisalatul (Unknown)
Utaminingsih, Sri (Unknown)
Riswari, Lovika Ardana (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2024

Abstract

Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan dalam mengatasi permasalahan rendahnya pemahaman konsep matematika adalah pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Pendekatan RME akan membawa siswa belajar matematika yang bermula dari masalah realistik kehidupan sehari-hari, membantu siswa menyerap materi, serta mengkaitkan pengalamannya sendiri sehingga siswa dapat membangun kembali konsep. Penelitian bertujuan menganalisis efektivitas pendekatan RME berbantuan media ARCA terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas V SD 1 Gondangmanis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan metode pre exsperimental. Populasi penelitian yaitu siswa kelas V SD 1 Gondangmanis. Sampling yang digunakan untuk mengambil sampel yaitu sampling jenuh dengan sampel seluruh siswa kelas V berjumlah 16 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.  Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain dan Paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor yang diperoleh siswa kelas V pada pretest 43,56 dan pada posttest sebesar 82,68. Hasil analisis data dengan bantuan SPSS Statistic 25 diperoleh hasil skor N-Gain yaitu 0,7127 masuk kategori tinggi. Sedangkan uji Paired sample t-test menunjukkan nilai Sig. 0,000 < 0,05 berarti terdapat perbedaan rata-rata. Hal ini disimpulkan bahwa pendekatan Realistic Mathematics Education berbantuan media ARCA cukup efektif dalam pemahaman konsep matematika siswa kelas V SD 1 Gondangmanis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...