Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 1 (2024): Februari

Meta Analisis: Asesmen Numerasi dalam Pembelajaran Matematika

Atiaturrahmaniah, Atiaturrahmaniah (Unknown)
Margunayasa, I Gede (Unknown)
Suarni, Ni Ketut (Unknown)
Novianti, Baiq Aryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2024

Abstract

Asesmen numerasi merujuk pada proses pengukuran dan evaluasi kemampuan individu atau kelompok dalam memahami dan menerapkan konsep matematika dasar, namun tidak terbatas pada angka, operasi matematika, dan pemahaman hubungan matematika dalam konteks kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana seseorang dapat menerapkan pemahaman matematika dalam situasi praktis. Penelitian ini merupakan penelitian meta analisis, metode penelitian yang digunakan adalah analisis artikel jurnal yang diperoleh melalui jurnal yang dicari secara daring. Studi ini menganalisis 7 artikel yang diterbitkan dari tahun 2014 hingga 2023, dengan menghitung efek size, yang meliputi 2 jurnal nasional dan 5 jurnal internasional. Hasil keseluruhan analisis, terdapat variasi yang signifikan dalam ukuran efek antar artikel, mencerminkan kompleksitas implementasi asesmen numerasi. Hasil analisis data mengungkapkan variasi dalam penilaian numerasi dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...