Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2024): Mei

Ethnocivic: Eksplorasi Potensi Kearifan Lokal Sasak Sebagai Sumber Belajar PPKn SMA Kelas XI dalam Upaya Penguatan Karakter Peserta Didik

Fitriani, Fitriani (Unknown)
Sumardi, Lalu (Unknown)
Kurniawansyah, Edy (Unknown)
Sawaludin, Sawaludin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2024

Abstract

Kearifan lokal merupakan warisan budaya nenek moyang yang dilestarikan secara turun temurun dari generasi ke generasi berupa adat istiadat, norma, bahasa, kepercayaan, dan kebiasaan yang dijadikan sebagai pandangan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kearifan lokal Sasak serta bagaimana bentuk relevansi kearifan lokal dengan materi PPKn kelas XI. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Adapun yang menjadi data penelitian ini yaitu kearifan lokal Sasak pada masyarakat Dusun Bayan Barat, Bayan, Lombok Utara. Data tersebut diperoleh dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan beberapa bentuk kearifan lokal yang terdiri dari ngurisan, begundem, awik-awik, perang topat, maen bentengan, begawe, banjar, dan bejango. Bentuk kearifan lokal tersebut memiliki relevansi dengan materi PPKn dan dijadikan sebagai sumber belajar sehingga dapat membantu peserta didik untuk mengaktualisasikan dirinya dalam kehidupan sehari-hari guna memperoleh pembelajaran yang bermakna dan berkesan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...