Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2024): Mei

Implementasi Model Context, Input, Process, Product dalam Evaluasi Program Distance Learning Latsar CPNS

Agustinus, Agustinus (Unknown)
Muttaqin, Muttaqin (Unknown)
R., Agustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hasil evaluasi terhadap efektivitas penyelenggaraan Program Pelatihan Dasar CPNS dengan metode distance learning pada Balai Diklat Hukum dan HAM Sulawesi Utara yang diselenggarakan pada tahun 2021. Penelitian evaluasi ini menggunakan model CIPP (context, input, process, product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan mencakup pedoman wawancara, pedoman observasi, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman dengan menelaah data dari berbagai sumber yang tersedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Komponen context: Landasan kebijakan program sangat jelas dalam penyelenggaraan Latsar CPNS dengan metode distance learning, serta menciptakan adnya kerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan, terutama dalam melibatkan tenaga pelatih atau widyaiswara. Komponen Input: Berbagai aspek seperti kurikulum, tenaga pelatihan, kepesertaan, sarana prasarana, dan pembiayaan telah memenuhi ketentuan dan standar LAN RI dalam pelaksanaan Latsar CPNS. Komponen process: Pembelajaran distance learning melalui kurikulum pembentukan karakter dan Penguatan Kompetensi  Teknis Bidang Tugas (PKTBT) berjalan dengan baik. Komponen product: Seluruh peserta berhasil lulus, sesuai dengan proses evaluasi yang telah ditetapkan. Pemenuhan kompetensi terlihat dari pelaksanaan aktualisasi dan habituasi di tempat kerja.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...