Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2024): Mei

Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kemandirian Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SDN Jati 05 Pagi Tahun Pelajaran 2023/2024

Zakya, Auliana Laili Fajri (Unknown)
Wardhani, Prayuningtyas Angger (Unknown)
Usman, Herlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Mata pelajaran IPS, yang wajib dipelajari di semua jenjang pendidikan, mempunyai peran penting dalam membentuk generasi muda yang cerdas dan memiliki kepedulian sosial. Penelitian ini meneliti hubungan antara motivasi belajar dan kemandirian peserta didik terhadap hasil belajar IPS siswa SDN Jati 05 Pagi. Menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional, data dikumpulkan melalui angket motivasi belajar, angket kemandirian peserta didik, dan nilai UTS IPS. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan kemandirian peserta didik terhadap hasil belajar IPS, dengan 21,4% variasi hasil belajar IPS dijelaskan oleh kedua faktor tersebut, dan sisanya (78,6%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Kesimpulannya penelitian ini menemukan bahwa motivasi belajar dan kemandirian peserta didik memiliki hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa SDN Jati 05 Pagi. Faktor lain di luar motivasi belajar dan kemandirian peserta didik juga turut memengaruhi hasil belajar IPS, dengan persentase 78,6%. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...