Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 3 (2024): Agustus

Analisis Pemahaman Guru Sekolah Dasar Terhadap Karakteristik Kurikulum Merdeka

Fadillah, Nurul (Unknown)
Wahyudin, Din (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2024

Abstract

Pendidikan di Indonesia telah mengalami perubahan signifikan dengan diperkenalkannya Kurikulum Merdeka sebagai langkah awal pemulihan pendidikan pasca dampak pandemi Covid-19. Namun, pemahaman guru terhadap karakteristik kurikulum ini masih menjadi perhatian utama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman guru sekolah dasar terhadap karakteristik Kurikulum Merdeka. Metode survei kuantitatif digunakan dengan mengumpulkan data melalui kuesioner kepada 39 guru sekolah dasar dari empat sekolah di Sumatera Utara. Hasil penelitian menunjukkan adanya variasi dalam pemahaman guru terhadap aspek-aspek kurikulum merdeka, termasuk fokus pada muatan esensial, fleksibilitas, kontekstualisasi, serta pengembangan karakter. Sebagian guru setuju bahwa pengurangan muatan wajib memberikan waktu pembelajaran yang lebih mendalam dan bermakna serta memungkinkan pendekatan pembelajaran terdiferensiasi. Namun, pendekatan terdiferensiasi dianggap sebagai tantangan bagi guru. Fleksibilitas dan kontekstualisasi kurikulum dinilai mampu meningkatkan kreativitas guru dan memungkinkan integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran. Pengembangan karakter melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dipahami dengan baik oleh guru, namun ada beberapa aspek yang memerlukan pemahaman lebih lanjut. Hasil penelitin ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang tantangan dan potensi dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...