Pembelajaran sains Kaffah merupakan pembelajaran yang menyeluruh dengan aspek agama, proses, konsep, aplikasi dan makna dalam mempelajari ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan kit sains kaffah untuk meningkatkan sikap ilmiah mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian pengembangan model Borg dan Gall dengan sepuluh langkah. Uji coba terbatas dilakukan kepada 38 mahasiswa semester III kelas E PGMI Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes sikap ilmiah, validasi dari validator dan lembar observasi pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan berbagai analisis, yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji kepraktisan, uji keefektifan dengan N-Gain dan dipertegas oleh independent t-test dan uji multiple analysis of variance (Manova). Hasil penelitian menunjukkan kit sains kaffah valid, reliabel, praktis dan efektif, Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kit sains kaffah layak digunakan dalam pembelajaran pada mata kuliah IPA di UIN Mataram untuk meningkatkan sikap ilmiah mahasiswa.
Copyrights © 2024