Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 3 (2024): Agustus

Efektifitas Permainan Estafet Bola terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn

Farida, Rina Nur (Unknown)
Pramasdyahsari, Agnita Siska (Unknown)
Hartati, Hartati (Unknown)
Saputra, Henry Januar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode permainan estafet bola terhadap hasil belajar siswa paa materi gotong royong mata peajaran PPKn kelas 1 SD Negeri Tawang Mas 01. Metode ini menggunakan metode penelitian Pre_Eksperimental dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Dalam penelitian populasi sebanyak 27 responden dan sample sebanyak 27 orang. Berdasarkan rata-rata nilai pretest 66,29 dan rata-rata posttest 82,07, kemudian diujikan melalui uji normalitas, uji t, dan uji N-Gain. Hal ini terbukti dengan hasil dari uji hipotesis melalui uji t bahwa nilai Sig < 0,05 maka Ho di tolak dan Ha di terima dengan taraf signifikan a = 0.05 dengan nilai sgnifikan 0.000 < 0.05 yang artinya bahwa metode permainan estafet bola efektif meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Dalam uji N-Gain diperoleh data mean sebesar 0.4752, yang artinya lebih besar dari 0.7 sehingga data tersebut dalam kategori tinggi. Dengan begitu perlakuan dengan menggunakan metode permainan estafet bola tehadap hasil belajar kognitif siswa pada materi gotong royong kelas 1 SD Negeri Tawang Mas 01 memiliki efektifitas tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...