Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 3 (2024): Agustus

Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) Berbantuan Pamflet Terhadap Hasil Belajar Siswa

Widodo, Ridho (Unknown)
Sukardi, Sukardi (Unknown)
Wahidah, Ananda (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Kemampuan siswa untuk memahami konsep pembelajaran berkontribusi besar pada hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi yang dipengaruhi oleh model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) berbantuan pamflet. Desain ini menggunakan pendekatan quasi-eksperimental dan kelompok kontrol posttest. Populasi yang diteliti merupakan siswa SMAN 1 Lingsar dengan sample dari dua kelas yakni  XI-IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan XI-IPS 2 sebagai kelas kontrol, dengan menggunakan teknik pengambilan simple random sampling. Instrumen pengumpulan data telah melalui tinjaun deskriptif yang telah lolos validasi dan reliable. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen rata-rata (85,16) lebih tinggi dari kelas kontrol (63,38) dengan pengaruh efektivitas sebesar 56%, sehingga dapat disimpulkan bahwa model VAK (Visual Auditori Kinestetik) berbantuan pamflet berpengaruh pada hasil belajar sosiologi. Secara teoritis, ini menunjukkan bahwa penerapan model VAK (Visual Auditori Kinestetik) akan mendukung teori pembelajaran, terutama yang berbasis konstruktivisme.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...