Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 3 (2024): Agustus

Manajemen Pembelajaran dalam Memperkuat Pendidikan Karakter (Studi Kasus di Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Yatsi Madani Kota Tangerang)

Halimah, Nur (Unknown)
Sulastini, Rita (Unknown)
Lisyawati, Elis (Unknown)
Khairunnisa, Khairunnisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2024

Abstract

Penelitian studi kasus ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan penjelasan terkait bagaimana implementasi manajemen pembelajaran dalam memperkuat pendidikan karakter mahasiswa Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Yatsi Madani. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam memperoleh data dan informasi di antaranya meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi (penggabungan dari ketiganya). Data informan dalam penelitian ini adalah Dekan, Ketua Program Studi, Sekretaris Program Studi, Dosen dan mahasiswa Prodi Ilmu Keperawatan Universitas yatsi Madani. Hasil dari penelitian ini dinyatakan bahwa Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Yatsi Madani telah menetapkan manajemen pembelajaran yang tepat dalam memperkuat pendidikan karakter mahasiswa. Dari segi wawancara dan dokumentasi, manajemen pembelajaran di Prodi Ilmu Keperawatan menerapkan pendidikan karakter mengacu pada Kurikulum KKNI Perawat Reguler dan Non regular, Kurikulum AIPNI Non Reguler, termaktub juga pada RPS Mata kuliah Dosen, sebaran mata kuliah, visi misi Prodi. Kesimpulannya manajemen pembelajaran dalam memperkuat karakter tergambar dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran (teori maupun praktik) dan evaluasi pembelajaran. Serta pendidikan karakter diwujudkan melalui jalur kokurikuler dengan kegiatan-kegiatan terprogram dan terstruktur sebagai contoh kegiatan pelatihan kreativitas, pelatihan kepemimpinan, dan pelatihan kewirausahaan. Pendidikan karakter terimplementasikan pula melalui jalur ekstrakurikuler yang mana kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan bakat, minat, dan kegemaran mahasiswa. Kegiatan ektrakurikuler beragam seprti olah raga, seni, dan minat khusus.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...