Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 3 (2024): Agustus

Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Electronic Pocket Book Berbasis Metode Mind Mapping Muatan IPS SD

Hasanah, Agist (Unknown)
Usman, Herlina (Unknown)
Wardhani, Prayuningtyas Angger (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Dalam era digital seperti sekarang, pendidikan mengalami transformasi yang signifikan dengan masuknya teknologi ke dalam proses pembelajaran. Terutama dalam pembelajaran Muatan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) di tingkat Sekolah Dasar (SD), penggunaan media yang tepat menjadi krusial untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap materi yang diajarkan. Salah satu metode yang telah terbukti efektif dalam memfasilitasi pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan adalah metode Mind Mapping.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa banyak kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran Electronic Pocket Book pada mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D dengan model ADDIE. Penelitian ini dibatasi pada analisis kebutuhan dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Johar Baru 15 Pagi. Instrumen pengumpulan data berupa kuisioner dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan  peserta didik menganggap bahwa mengalami kesulitan belajar IPS merupakan materi yang cukup kompleks dan guru merasakan materi yang kompleks membuat kesulitan dalam membuat dan memilih media. Sehingga peneliti dapat menyimpulkan bahwa dibutuhkan adanya pengembangan media pembelajaran electronic pocket book berbasis mind mapping di sekolah sasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...