Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol. 3 No. 01 (2023): Artikel Riset Edisi April 2023

Peningkatan Prestasi Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Siswa Kelas XII

Widiastuty, Hendrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas XII Busana 1 SMK Negeri 4 Surakarta semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Desaian penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tindakan penelitian yang dilakukan kolaboratif antara peneliti, siswa, dan guru pengampu mata pelajaran produktif kompetensi keahlian Tata Busana. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah ada peningkatan hasil belajar mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan siswa dari 16 siswa (52%) yang tuntas pada pra siklus menjadi 24 siswa (77%) yang tuntas pada siklus I dan meningkat menjadi 30 siswa (97%) yang mencapai batas ketuntasan belajar. Nilai rata-rata hasil belajar mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan meningkat dari 74,68  pada pra siklus menjadi 80,65 atau meningkat 8% pada siklus I dan menjadi 88,39 atau meningkat 18% pada siklus II. Ada peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas XII Busana 1 SMK Negeri 4 Surakarata semester genap tahun pelajaran 2018/2019.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educendikia

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan multi-disiplin ilmu, baik pembelajaran dalam jaringan juga luar jaringan, merdeka belajar, pengembangan metode belajar pembelajaran terkini yang merujuk pada semua tingkat usia dan yang berkaitan dengan ...