Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol. 3 No. 02 (2023): Artikel Riset Edisi Agustus 2023

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Subtema Sumber Energi

Hutagalung, Melly Triyana (Unknown)
Siagian, Asister Fernando (Unknown)
Saragih, Selamat Triadil (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2023

Abstract

Pembelajaran berbasis masalah merupakan inovasi dalam pembelajaran karena dalam PBL kemampuan berpikir kritis siswa betul-betul dioptimalisasikan melalui proses kerja kelompok atau tim yang sistematis,  sehingga siswa dapat memberdayakan, mengasah, menguji dan mengembangkan kemampuan berpikirnya secara berkesinambungan. Jenis penelitian ini menggunakan  penelitian Pre Eksperimental Design. Model eksperimen ini melalui tiga langkah yaitu memberikan pre-test, memberikan perlakuan, dan  memberikan prost-test. Sampel penelitian ini adalah 27 siswa kelas IV SDN 124386 Pematang Siantar. Instrumen  yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes tertulis untuk melihat kemampuan siswa dalam berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan faktor hake atau yang sering disebut dengan gain faktor. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan melalui  uji N-Gain menunjukan bahwa nilai hasil perhitungan gain kelas eksperimen diperoleh rata – rata sebesar 39,59 dan rata-rata Posttest sebesar 91,59. Sehingga diperoleh gain 0,86. Artinya, kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil  belajar dengan kategori sangat tinggi karena ?????? ? 0,7. Berdasarkan nilai gian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar materi sumber energi kelas eskperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan model konvensional. Adapun Persentase peserta didik mencapai KKM pada kelas eksperimen yaitu 74% kategori cukup efektif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educendikia

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan multi-disiplin ilmu, baik pembelajaran dalam jaringan juga luar jaringan, merdeka belajar, pengembangan metode belajar pembelajaran terkini yang merujuk pada semua tingkat usia dan yang berkaitan dengan ...