Cemara Education and Science
Vol. 2 No. 1 (2024): Vol II. Edisi I Tahun 2024

Pendidikan INTEGRASI NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME DALAM PENDIDIKAN (SUATU ALTERNATIF MENUMBUHKAN RASA PERSAUDARAAN & SALING MENGHORMATI): INTEGRASI NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME DALAM PENDIDIKAN (SUATU ALTERNATIF MENUMBUHKAN RASA PERSAUDARAAN & SALING MENGHORMATI)

Meyniar Albina (Unknown)
Wildan Sitorus (Unknown)
Azra Munazah Pulungan (Unknown)
A. Zeni Azima (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Dalam riset ini, konsep multikulturalisme diintegrasikan ke dalam sistem pendidikan. Fokus penelitian meliputi aspek-aspek berikut: pemahaman tentang pendidikan multikultural, penerapan prinsip-prinsip multikultural dalam konteks pendidikan, metode-metode pendidikan yang mendukung multikulturalisme, dan cara nilai-nilai multikultural disatukan dalam pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dari literatur yang relevan. Data dan informasi dikumpulkan melalui studi literatur dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan penelitian sebelumnya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa mengintegrasikan nilai-nilai multikultural dalam pendidikan dapat memperkuat solidaritas dan penghargaan satu sama lain. Mulai dari nilai toleransi, yang menghargai perbedaan tanpa diskriminasi berdasarkan ras, etnis, suku, agama, bahasa, atau budaya, hingga nilai demokrasi yang menegaskan hak setiap siswa untuk berpendapat secara bebas. Selanjutnya, nilai keadilan diwujudkan dengan memastikan kesempatan pendidikan yang sama bagi setiap individu. Terakhir, prinsip kesetaraan memastikan bahwa setiap siswa diperlakukan dengan adil, tanpa memandang asal agama, bahasa, suku, atau budaya mereka

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ces

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus and Scope Cemara Education and Science (CES) menerbitkan artikel-artikel di bidang pendidikan yang melaporkan penelitian empiris tentang topik-topik penting lintas konteks pendidikan, dalam hal desain dan temuan penelitian. Ruang lingkup Cemara Education and Science (CES) meliputi: Pendidikan ...