Cemara Education and Science
Vol. 2 No. 3 (2024): Vol II. Edisi III. Tahun 2024

Pendidikan Pembelajaran Tahsin Al-Quran Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler

Tanjung, Asmi (Unknown)
Nafisa Nur Azza (Unknown)
Nurul Huda (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan gambaran yang jelas tentangpembelajaran baca tulis Al Qur’an dengan menggunakan tahsin Al-Qur’an melalui kegiatanekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam di MTS MISBAHUL ZDIKRI. Penelitian inimenggunakan Penelitian kualitatif Dangan berjenis kualitatif deskriptif. Metode yang digunakandalam penelitian ini ialah deskriptif. Subjek penelitian adalah wakil kepala sekolah bidangkesiswaan dan guru bidang PAI sebagai tujuan primer data penelitian. Hasil dari penelitian iniadalah masih banyak anak murid di sekolah tersebut yang tidak dapat membaca Al-Qur’an denganbaik dan benar, maka dari kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ)diharapkan dapat membantu siswadalam belajar membaca Al-Qur’an dengan baik dan dapat mengembangkan potensi minat dan bakatsiswa, baik itu dari segi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, sesuai dengan tujuan yangdikemukakan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam di Kementerian Agama Islam. Disampingitu kegiatan ekstrakurikuler PAI ini diharapkan mampu menanamkan nilai nilai pendidikan karaktersehingga terbentnya karakter siswa yang diinginkan seperti karakter religius, disiplin, cinta damai,kejujuran, tanggung jawab, dan kepedulian yang tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ces

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus and Scope Cemara Education and Science (CES) menerbitkan artikel-artikel di bidang pendidikan yang melaporkan penelitian empiris tentang topik-topik penting lintas konteks pendidikan, dalam hal desain dan temuan penelitian. Ruang lingkup Cemara Education and Science (CES) meliputi: Pendidikan ...