Journal of Scientech Research and Development
Vol 6 No 1 (2024): JSRD, June 2024

FENOMENA CYBERBULLYING DALAM PERSPEKTIF ETIKA KOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK

Pazri (Unknown)
Sayyidil Anwar Siddik (Unknown)
Rizaldi Alfaiz (Unknown)
Mhd. Daniel Rezza Kusnanda (Unknown)
Amiruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Perkembangan teknologi informasi, internet dan media sosial memberikan dampak perubahan perilaku manusia dalam bersosial dan berkomunikasi. Fenomena cyberbullying merupakan salah satu dampak negatif yang nyata dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Saat ini, akses komunikasi menjadi lebih mudah dan praktis dilakukan melalui media sosial. Namun, penggunaan media sosial saat ini masih banyak yang belum memperhatikan dan menerapkan etika komunikasi serta norma atau peraturan yang berlaku. Penelitian ini menggambarkan terkait fenomena cyberbullying yang ditinjau dari perspektif etika komunikasi di media sosial dan undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik. Fokus dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kasus cyberbullying dan memahami etika komunikasi di media sosial. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi studi analisis konten dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: masih kurangnya kesadaran dan pemahaman etika komunikasi di media sosial serta pengetahuan tentang UU ITE yang berlaku. Perlu adanya upaya promotif dan preventif berupa pendidikan etika dan hukum untuk mengatasi permasalahan tersebut dan menghindari kesalahpahaman serta menjunjung tinggi norma dan hukum yang berlaku di masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSCR

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Journal of Scientech Research and Development (JSRD) is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of social research and development. Investigated the dynamics of teaching and learning of Scientech education, scientech research, and development problems in the scientech at the ...