Digitalisasi di dalam dunia Pendidikan memang harus dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran yang inovatif di sekolah tersebut. Seorang Guru harus bisa mengikuti perkembangan zaman agar tidak tertinggal oleh peserta didik yang cepat dalam menguasai teknologi. Selain Digitalisasi, pembiasaan juga menjadi sebuah bentuk inovasi yang bertujuan untuk menumbuhkan karakter peserta didik. Pembentukan karakter peserta didik tidak cukup hanya dengan belajar saja tetapi harus ada pembiasaan juga. Namun, dalam pelaksanaan suatu program pasti terdapat hambatan. Dalam digitalisasi terhambat oleh koneksi jaringan, tidak mampu menggunakan teknologi dan tidak memiliki alat teknologi. Sedangkan dalam pembiasaan biasa terhambat oleh kedisiplinan dan kekonsistenan dalam menjalankan pembiasaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program inovasi apa saja yang dilaksanakan serta untuk mengetahui manfaat teknologi sebagai pembelajaran inovatif dan bagaimana hal tersebut membentuk kebiasaan positif pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan 2 Narasumber yaitu Guru Kelas 4 dan Guru Kelas 5. Setelah melakukan penelitian yang menghasilkan bahwa terdapat Program Digitalisasi berupa sistem PPDB online (Curi Cara), Perpustakaan Digital, Ujian Online, Program OMG dan pengadaan Proyektor setiap kelas. Dan juga terdapat Pembiasaan setiap hari sebagai bentuk inovasi dengan tujuan pembentukan karakter yang dilakukan di SDN Pasawahan.
Copyrights © 2024