Penelitian ini menganalisis hubungan antara hasil wawancara dengan teori Kecerdasan Majemuk dalam konteks pengelolaan ventilasi dan pencahayaan ruang belajar siswa kelas rendah. Teori Kecerdasan Majemuk, yang dikemukakan oleh Howard Gardner, mengidentifikasi delapan jenis kecerdasan yang berbeda. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur dengan 15 guru SD di 3 wilayah berbeda di Indonesia. Analisis data menggunakan kuasi analisis kualitatif deskriptifAnalisis menemukan empat tema utama: implementasi, tantangan,strategi dan dukungan. Dalam penelitian ini, fokus diberikan pada tiga jenis kecerdasan: visual-ruang, kinestetik, dan interpersonal/intrapersonal. Hasil analisis menunjukkan adanya keterkaitan antara kecerdasan siswa dalam memahami dan mengelola kondisi ruang belajar. Penemuan ini memberikan wawasan penting dalam merancang lingkungan pembelajaran yang mendukung kebutuhan beragam kecerdasan siswa.
Copyrights © 2023