Penelitian ini mengeksplorasi pendidikan tinggi yang semakin menjadi pilar utama dalam kehidupan remaja, memberikan panggung yang unik untuk memahami bagaimana pengalaman ini dapat membentuk keterampilan komunikasi mereka. Lingkungan pendidikan tinggi sering mendorong remaja untuk melakukan refleksi yang lebih dalam terhadap nilai, keyakinan, dan tujuan hidup mereka. Tujuan penelitian ini adalah memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana lingkungan pendidikan tinggi dapat membentuk dan memengaruhi keterampilan komunikasi remaja, dengan harapan hasil penelitian ini dapat memberikan dasar untuk perbaikan kebijakan pendidikan dan pengembangan kurikulum yang lebih berfokus pada aspek pengembangan remaja. Dengan menganalisis data dari remaja melalui kuesioner, hasil menunjukkan bahwa remaja berpendidikan tinggi cenderung memiliki keterampilan komunikasi yang lebih baik, terutama lingkungan perguruan tinggi memiliki pengaruh terhadap keterampilan komunikasi serta keterampilan komunikasi terbentuk dari keterbiasaan dalam melakukan komunikasi, mencerminkan kompleksitas pengaruh lingkungan pendidikan tinggi yang dipahami melalui kerangka teori identitas diri. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana lingkungan pendidikan tinggi memengaruhi keterampilan komunikasi remaja. Dengan hasil ini, diharapkan penelitian ini memberikan landasan untuk perbaikan kebijakan pendidikan dan pengembangan kurikulum yang lebih berfokus pada aspek pengembangan remaja.
Copyrights © 2024