Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 4 (2024): Karimah Tauhid

Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Keaktifan Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IV SDN Harjasari 01

Rohmah, Laila Nabilatu (Unknown)
Aliyyah, Rusi Rusmiati (Unknown)
Muhdiyati, Iyon (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2024

Abstract

Tujuan dari studi berikut ini adalah untuk mengidentifikasi potensi akibat dari pengelolaan kelas kepada tingkat keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN Harjasari 01. Riset ini memanfaatkan pendekatan deskriptif kuantitatif dan menggunakan desain korelasi kausalitas. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Pada penelitian berikut, digunakan berbagai metode untuk analisis data yang mencakup validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, penentuan normalitas, linieritas, regresi linier sederhana, signifikansi, dan koefisien determinasi. Pada analisis hasil penelitian mengungkapkan maka pengelolaan kelas memiliki pengaruh kepada tingkat keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Hasil uji signifikansi menunjukkan angka 0,002 lebih kecil daripada 0,05. Hal ini menyebabkan diterimanya (Ha) hipotesis alternatif dan ditolaknya (H0) hipotesis nol. Penelitian ini menyimpulkan maka pengelolaan kelas memiliki pengaruh kepada keaktifan pembelajaran di kelas IPAS. Berdasarkan analisis, diketahui bahwa pengelolaan kelas memiliki pengaruh sebesar 37% terhadap tingkat keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Sementara itu, faktor lainnya mempengaruhi sebesar 63%. Dalam penelitian ini, dapat dibuat kesimpulan bahwa pengelolaan kelas memiliki pengaruh terhadap tingkat keaktifan belajar peserta didik pada pelajaran IPAS di kelas IV SDN Harjasari 01.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...