Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 4 (2024): Karimah Tauhid

Implementasi Program Kurikulum Merdeka Berdasarkan Kebijakan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262/M/2022 Di SMAN 1 Caringin Kab. Bogor

Handayani, Yeni (Unknown)
Hernawan, Denny (Unknown)
Seran, Gotfridus Goris (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini menelaah tentang bagaimana proses implementasi atau pelaksanaan Program Kurikulum Merdeka sesuai dengan Kebijakan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262/M/2022 di SMAN 1 Caringin, Kabupaten Bogor. Tujuan tambahan penelitian ini yaitu menemukan faktor yang menghambat serta langkah yang diambil dalam upaya untuk memastikan kesuksesan implementasi kebijakan yang telah dibuat itu. Harapannya, pengimplementasian Program Kurikulum Merdeka di Kabupaten Bogor dapat berjalan secara optimal. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dan teknik sampel yang diterapkan adalah sampel jenuh dengan melibatkan 48 responden yang merupakan tenaga pendidik atau guru di SMAN 1 Caringin. Penentuan hasil penelitian ditentukan dengan rumus Slovin dan  perhitungan Weighted Mean Score (WMS). Hasil pengoperasian Variabel penelitian ini merujuk pada teori keberhasilan implementasi kebijakan George C Edward III. rekapitulasi angket mendapat nilai penghitungan sebesar 3,85 dengan kategori "Baik". Hal ini menunjukkan bahwa Program Kurikulum Merdeka di SMAN 1 Caringin, Kabupaten Bogor, berjalan dengan optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...