Problematika kualitas mutu di dunia pendidikan terjadi karena kualitas lulusan, kualitas pembelajaran dan kualitas kinerja guru. Masih banyak guru yang mengajar tidak sesuai dengan lulusan dengan mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Dalam konteks ini ditegaskan bahwa linieritas guru merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan mutu pembelajaran sebagai tingkat keberhasilan prestasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mutu pembelajaran berdasarkan linieritas keilmuan guru bidang studi. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner kepada 34 guru di MTs Assa’adah menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif menggunakan perhitungan WMS (Weight Means Scored). Hasil analisis menunjukkan bahwa mutu pembelajaran berdasarkan linieritas guru secara keseluruhan diklasifikasikan dengan baik berdasarkan nilai skor rata-rata 2,86 atau 71,5%. Ini menunjukkan bahwa guru memiliki kualitas mutu pembelajaran yang baik. Oleh karena itu, guru harus diberikan kekuatan untuk memaksimalkan kualitas mutu pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024