Pengembangan perencanaan pembelajaran merupakan aspek penting dalam suatu proses pembelajaran. Pembelajaran yang terusun dan terencana dapat membuat suatu pembelajaran menjadi berkualitas. Saat ini, masih terdapat banyak pendidik yang mengalami kesulitan dalam menerapkan langah-langkah dan strategi pembelajaran yang sesuiai, sehingga proses pembelajaran menjadi kurang efektif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji dan menganalisis langkah-langkah pengembangan pembelajaran berdasarkan studi litelatur dari berbagai sumber. Hal ini dilakukan agar para pendidik dapat menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas dan efektif di dalam kelas. Metode yang dipilih dalam penulisan ini adalah studi pustaka dan observasi teman sejawat dengan mempelajari dan mengumpulkkan berbagai jurnal dan hasil observasi yang relevan terkait dengan topik ini. Hasil penelitian menjunjukkan bahwa pengembangan pembelajaran terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: 1) analisis kebutuhan dan karaketeristik siswa, 2) merumuskann tujuaan pembelajaaran, 3) merumuskan bahan materi, 4) menentukan metode, 5) menentukan sumber dan media pembelajaran, 6) penilaian dan evaluasi.
Copyrights © 2024