Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 5 (2024): Karimah Tauhid

Perbandingan Implementasi Metode Pembelajaran Bahasa Inggris: The Grammar-Translation Method dan The Audio-Lingual Method

Amalia, Rachmah (Unknown)
Mega Febriani Sya (Unknown)
Shofia Hanna Nisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran Bahasa Inggris yang efektif untuk siswa Sekolah Dasar (SD) menggunakan metode penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui studi literatur dan observasi dengan mengamati presentasi dari 4 orang mahasiswa Universitas Djuanda program studi PGSD mengenai implementasi metode pembelajaran Bahasa Inggris di SD. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menemukan dua metode pembelajaran yang telah diimplementasikan, yaitu: The Grammar-Translation Method dan The Audio-Lingual Method. Penelitian menyimpulkan bahwa metode audio lingual efektif untuk diimplementasikan di kelas bahasa karena dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi Bahasa Inggris siswa, akan tetapi metode apapun dapat efektif apabila guru memperhatikan tujuan yang ingin dicapai dan mengimplementasikan metode sesuai dengan kebutuhan belajar Bahasa Inggris siswa. Penelitian ini berkontribusi dalam membantu guru untuk mengimplementasikan metode pembelajaran yang efektif pada saat mengajar Bahasa Inggris di kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...