Penelitian bertujuan untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran Bahasa Inggris yang efektif untuk siswa Sekolah Dasar (SD) menggunakan metode penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui studi literatur dan observasi dengan mengamati presentasi dari 4 orang mahasiswa Universitas Djuanda program studi PGSD mengenai implementasi metode pembelajaran Bahasa Inggris di SD. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menemukan dua metode pembelajaran yang telah diimplementasikan, yaitu: The Grammar-Translation Method dan The Audio-Lingual Method. Penelitian menyimpulkan bahwa metode audio lingual efektif untuk diimplementasikan di kelas bahasa karena dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi Bahasa Inggris siswa, akan tetapi metode apapun dapat efektif apabila guru memperhatikan tujuan yang ingin dicapai dan mengimplementasikan metode sesuai dengan kebutuhan belajar Bahasa Inggris siswa. Penelitian ini berkontribusi dalam membantu guru untuk mengimplementasikan metode pembelajaran yang efektif pada saat mengajar Bahasa Inggris di kelas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024