Penelitian ini menyelidiki penggunaan lagu berbahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan pelajar EFL Indonesia dalam kerangka Linguistik dan Media Terapan (ALM). Berdasarkan penelitian sebelumnya yang menyoroti tantangan yang dihadapi pelajar Indonesia karena ketidakbiasaan mereka dengan aksen, pengucapan, dan struktur linguistik asli bahasa Inggris, penelitian ini mengkaji bagaimana lagu berbahasa Inggris dapat berfungsi sebagai sumber tambahan yang efektif dalam pembelajaran bahasa. Metode Audio-Lingual (ALM) diusulkan sebagai pendekatan pedagogi yang sesuai, menekankan penggunaan bahasa kebiasaan dan pembentukan pola bicara melalui pemaparan dan latihan berulang-ulang. Melalui pendekatan observasi dan studi litelatur, data dari berbagai sumber termasuk tinjauan literatur, laporan penelitian, dan pendapat ahli dianalisis untuk mengeksplorasi hubungan antara lagu berbahasa Inggris dan pemahaman mendengarkan. Temuan menunjukkan bahwa lagu berbahasa Inggris menawarkan paparan bahasa otentik, perolehan kosa kata, dan wawasan budaya, sehingga meningkatkan motivasi dan keterlibatan pelajar. Studi ini menyimpulkan dengan menganjurkan integrasi lagu-lagu berbahasa Inggris ke dalam praktik pengajaran bahasa untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif yang mencerminkan pemerolehan bahasa secara alami, sebagaimana didukung oleh kerangka ALM.
Copyrights © 2024