Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran bahasa Inggris menggunakan metode TPR di SD dengan metode kualitatif. Data diperoleh melalui studi literatur menggunakan referensi buku dan artikel ilmiah yang telah dipublikasi, baik nasional maupun internasional. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat metode pembelajaran bahasa Inggris yang sesuai dengan karakteristik siswa SD, yaitu metode TPR. Metode TPR dapat mengurangi kecemasan siswa ketika belajar Bahasa Inggris dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbicara ketika mereka sudah siap dan menggunakan perintah ataupun sandiwara lucu yang menunjukkan bahwa belajar bahasa Inggris itu menyenangkan. Penelitian menyimpulkan bahwa implementasi metode TPR di beberapa negara dinilai efektif untuk mengurangi stress pada siswa dan dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris siswa, karena siswa mempelajari kosakata baru melalui ucapan dan gerakan tubuh, sehingga siswa merasa senang dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dapat membantu guru dalam mendesain pembelajaran bahasa Inggris menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024