Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 8 (2024): Karimah Tauhid

Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar : Tinjauan Metode Total Physical Response

Putri, Arina (Unknown)
Sya, Mega Febriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2024

Abstract

Artikel ini meninjau metode Total Physical Response (TPR) dalam pembelajaran bahasa Inggris, mengidentifikasi pentingnya pendekatan ini dalam memperkaya pengalaman belajar siswa di sekolah dasar melalui penggunaan gerakan fisik sebagai respons terhadap instruksi bahasa. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai Pendekatan Total Physical Response dalam pengajaran bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Pendekatan studi pustaka dipilih untuk menghimpun informasi dari berbagai referensi seperti buku, jurnal, dan artikel yang relevan. Proses pengumpulan data melibatkan identifikasi sumber, pengumpulan informasi, evaluasi sumber, dan sintesis data untuk mendukung analisis yang komprehensif. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa dalam metode Total Physical Response instruksi dan perintah digunakan sebagai metode pembelajarannya memiliki banyak manfaat yang paling dikenal yaitu meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan menggunakan bahasa dengan alami melalui respons gerakan fisik terhadap instruksi bahasa. Pendekatan ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan interaktif, tetapi juga menjaga minat siswa dan menghubungkan bahasa dengan aktivitas fisik, yang memperkaya pengalaman belajar secara menyeluruh. Dan manfaat itu bisa di dapatkan apabila digunakana sesuai dengan kebutuhan siswa dan kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...