Latar belakang penelitian ini adalah pengembangan kreativitas anak hendaknya didorong melalui kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Namun kreativitas siswa belum menjadi yang terdepan dalam kegiatan pembelajaran di kelas dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan belajar yang menyenangkan terhadap pertumbuhan dan perkembangan kreativitas anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, yang mana wawancara dilakukan kepada 4 orang guru SD Negeri Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang mendorong kreativitas meliputi permainan edukatif, pembelajaran berbasis masalah, menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan menyenangkan, serta memulai belajar dari minat dan pengalaman anak. Ada juga metode pembelajaran efektif yang menggabungkan permainan, eksperimen, seni, dan diskusi kelompok. Kegiatan pemecahan masalah, teka-teki dan kegiatan kreatif lainnya dapat meningkatkan keluwesan berpikir anak. Menjamin kebebasan berekspresi juga penting untuk meningkatkan kreativitas anak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024