Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana guru di SDN Teluk Pinang 02 berperan dalam pembelajaran inklusif dan strategi-strategi yang mereka gunakan dalam mengajar siswa. Fokus utama penelitian adalah memahami implementasi pembelajaran inklusif oleh guru, mengidentifikasi hambatan yang mereka hadapi, dan solusi yang diterapkan. Salah satu masalah yang diidentifikasi adalah keterlambatan dalam proses belajar siswa, yang diatasi oleh berbagai strategi yang diterapkan oleh para guruHasil penelitian menunjukkan bahwa guru berhasil menciptakan suasana belajar yang mendukung untuk semua siswa, termasuk yang mengalami keterlambatan belajar. Peneliti juga melakukan observasi langsung terhadap kegiatan pembelajaran di kelas untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang proses pembelajaran tersebut. Temuan penelitian ini menekankan pentingnya peran guru dalam memfasilitasi lingkungan pembelajaran inklusif, melalui penyesuaian kurikulum, penggunaan pendekatan pengajaran yang sesuai, dan manajemen kelas yang efektif. Selain itu, penelitian ini menyoroti kebutuhan akan pelatihan lanjutan bagi guru agar mereka dapat lebih berhasil dalam menerapkan strategi pembelajaran inklusif di tingkat sekolah dasar.. Pelatihan yang lebih lanjut diharapkan dapat memperkuat kompetensi guru dalam mengelola kelas inklusif, merancang kurikulum, serta menerapkan metode pengajaran yang dapat memenuhi kebutuhan semua siswa. Dengan demikian, penelitian ini menyoroti pentingnya dukungan berkelanjutan bagi guru dalam rangka menciptakan pendidikan inklusif yang efektif dan berkualitas.
Copyrights © 2024