Kompetensi profesional merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru profesional. kompetensi profesional guru yaitu suatu kemampuan guru dalam menjalankan semua tugas-tugasnya dengan tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam terkait kompetensi profesional guru sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data menggunakan teknik wawancara yang kemudian hasil data dianalisis secara deduktif dan tematik menggunakan aplikasi Nvivo. Analisis menemukan lima tema utama: strategi menjadi guru profesional, kendala dalam meningkatkan kompetensi profesional guru, solusi yang dilakukan untuk menghadapi kendala yang terjadi, urgensi memiliki kompetensi profesional guru dan dampak memiliki kompetensi profesional guru. Hasil penelitian terkait subfokus tersebut yaitu yang pertama, terdapat empat strategi menjadi guru profesional yaitu meningkatkan kompetensi atau ilmu pengetahuan, mengikuti pelatihan, menunjukkan dedikasi dan memiliki sifat terbuka. Kedua, terdapat kurang lebih empat kendala yaitu kurangnya penguasaan teknologi, kurangnya sumberdaya, kurangnya motivasi dan kurikulum yang berubah-ubah. Ketiga, solusi yang dapat dilakukan yaitu; banyak belajar, menggunakan sumber daya yang ada dan dengan mengikuti KKG. Keempat, kompetensi profesional guru sangat penting dimiliki karena dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan memotivasi siswa. Kelima, terdapat dampak fositif yang dirasakan siswa dan guru. Bagi siswa dapat meningkakan semangat belajar dan prestasi siswa sedangkan bagi guru menjadikan kepuasan kerja dan dapat menjadi peluang meningkatkan karir. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru untuk dapat terus meningkatkan kompetensi profesionalnya dengan melihat strategi yang dapat digunakan dan dampak positifnya bagi guru itu sendiri maupun siswa.
Copyrights © 2024