Implementasi dalam kurikulum merdeka ialah proses penerapan kurikulum dengan pembelajaran yang intelektual dan beragam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum merdeka di sekolah menengah kejuruan. Adapun metode yang digunakan pada saat penelitiian yaitu metode kualitatif, Teknik pengumpulan data yang diperoleh dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap 8 guru SMK di empat kota dan kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Barat, Data yang didapat dianalisis dengan menggunakan analisis deduktif dan analisis tematik (Thematic Analysis). Dalam menganalisis data ditemukan empat tema utama : pebandingan, keuntungan, tantangan dan solusi dalam mengatasi tantangan tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka menghadirkan tantangan bagi guru. Meskipun dinamakan "Merdeka Belajar," kenyataannya guru tidak merasa merdeka karena dituntut untuk menggunakan banyak media pembelajaran dan beradaptasi dengan banyak istilah baru. Secara keseluruhan, meskipun Kurikulum Merdeka menawarkan berbagai keuntungan serta metode yang sedikit berbeda dan fleksibel, tujuan utamanya tetap sama yaitu meningkatkan kualitas pendidikan. Sejatinya, kurikulum hanyalah alat, dan efektivitasnya sangat bergantung pada pelaksanaan dan adaptasi di lapangan.
Copyrights © 2024