Supervisi akademik adalah kegiatan yang bertujuan untuk membantu guru meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola proses pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian yang penulis ambil untuk mendeskripsikan peranan guru dalam supervisi akademik di sekolah dasar menurut persepsi guru. Metodde yang penulis gunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data menggunakan teknik wawancara yang kemudian hasil penelitian dianalisis secara deduktif dan tematik menggunakan aplikasi Nvivo. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Caringin, Caringin Maseng, Kabupaten Bogor dengan mewawancara 5 guru dari tiga sekolah yang dipilih. Hasil dari wawancara diproses secara kuantitatif dengan teknik persentase. Hasil wawancara terkait sub fokus tersebut yang pertama, terdapat tiga pelaksanaan supervise akademik yaitu, perencanaan, observasi kelas dan evaluasi. Kedua, terdapat kurang lebih empat manfaat yaitu Meningkatnnya kualitas pembelajaran, meningkatnya kinerja guru, dapat mengetahui penggunaan metode yang tepat, dan sebagai refelaksi atau motivasi diri. Ketiga, tantangan supervise akademik yaitu, keterbatasan sumber daya, resistensi dari guru, variasi metode, kurikulum yang padat. Keempat, peran guru dalam supervise akademik yaitu, guru Sebagai Peserta Supervisi, Guru sebagai kolaborator, guru sebagai agen pembelajaran, guru sebagai agen perubahan. Hasil dari penelitian. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru sangat berperan pentinf pada pelaksanaan supervisi akademik di sekolah dasar.
Copyrights © 2024