Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 9 (2024): Karimah Tauhid

Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Berdasarkan Perspektif Siswa

Wahyudi, Nazwa Aprillia (Unknown)
Amry, Nurfauziah Nadya (Unknown)
Nurlaeni, Berlilan (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2024

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dikuasai oleh siswa. Dalam konteks pembelajaran interaktif, penggunaan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dari perspektif siswa di MI Al-Istiqomah. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan penyebaran angket kepada 5 siswa kelas V sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode interaktif, seperti permainan edukatif dan diskusi kelompok, sering digunakan oleh guru dalam pembelajaran menulis. Siswa merasa sangat terlibat dan lebih termotivasi dalam aktivitas menulis yang interaktif. Mereka juga menyatakan bahwa metode ini membantu mereka memahami materi menulis dengan lebih mudah. Selain itu, umpan balik yang konstruktif dari guru membantu siswa memperbaiki kemampuan menulis mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran interaktif efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa dan layak diterapkan secara luas di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...