Salah satu masalah dengan sistem pendidikan di Indonesia adalah tingkat pemahaman siswa tentang membaca yang sangat rendah dibandingkan dengan negara lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi masalah membaca yang dialami siswa kelas 2 di SDN 1 Ciawi yaitu untuk mengetahui faktor-faktor utama yang menyebabkan kesulitan belajar membaca siswa dan metode yang digunakan guru di SDN 1 Ciawi untuk menyelesaikan masalah membaca siswa. Jenis metode penelitian yang dipakai ialah metode deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini, peneliti memaparkan sumber-sumber yang telah diperoleh peneliti dari wawancara dan dokumentasi yang kemudian menemukan jawaban atas hambatan-hambatan dengan lengkap dan signifikan. Kesimpulan dari penelitian di SD Negeri 01 Ciawi, menunjukkan bahwa keluarga, pertemanan, dan masyarakat adalah beberapa faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca siswa.
Copyrights © 2024