Dalam era globalisasi, banyak perusahaan dihadapkan pada tuntutan untuk meningkatkan efektivitas tenaga kerja secara optimal, mengingat persaingan yang semakin ketat di pasar global. Untuk tetap unggul, perusahaan perlu fokus pada pengembangan strategi yang mencakup pelatihan berkelanjutan, pemberian dorongan yang tepat dan peningkatan keahlian karyawan. Studi ini bertujuan untuk menilai dampat dari ketiga faktor tersebut terhadap performa pegawai, serta untuk memberikan wawasan tentang cara-cara yang paling efektif dalam memanfaatkan sumber daya manusia untuk mencapai keunggulan kompetitif dan meningkatkan produktivitas pada bagian produksi di PT. BCD, sebuah perusahaan consumer goods di Kabupaten Bogor. Hasil analisis regresi berganda menunjukan bahwa pelatihan, motivasi dan kompetensi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Koefisien regresi untuk pelatihan (X1) adalah 0.156, motivasi (X2) adalah 0.216 dan kompetensi (X3) adalah 0.529, mengindikasikan bahwa kinerja karyawan meningkat seiring dengan perbaikan dalam ketiga variabel tersebut. Analisis korelasi ganda menunjukan hubungan yang sangat kuat (R = 0.879) antara pelatihan, motivasi dan kompetensi terhadap kinerja karyawan dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 77.3% yang menunjukan bahwa 77.3% variasi dalam kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh ketiga variabel tersebut.
Copyrights © 2024