Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas VI di SD Negeri terhadap rendahnya hasil belajar matematika siswa. Hal tersebut dikarenakan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru belum optimal. Guru belum menggunakan media pembelajaran sebagai penunjang penjelasan materi dalam pembelajaran dengan maksimal. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengembangan media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dan mempermudah siswa memahami materi. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan "Media Pembelajaran Monopoli Materi Bangun Ruang Matematika Kelas VI Sekolah Dasar". Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari produk yang dikembangkan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian ini adalah media monopoli mendapatkan skor rata-rata kevalidan dari ahli materi dan ahli media sebesar 87%. Skor rata-rata kepraktisan dari guru dan siswa kelas VI sebesar 94,5%. Nilai rata-rata soal evaluasi pada uji luas adalah 96 dengan ketuntasan klasikal 100%.Abstract: This research was motivated by the results of observations and interviews with class VI teachers at State Elementary School regarding the low mathematics learning outcomes of students. This is because the learning process carried out by the teacher is not optimal. Teachers have not used learning media to support the explanation of material in learning optimally. Therefore, it is necessary to develop learning media that can help teachers convey the material and make it easier for students to understand the material. Based on these problems, researchers developed "Monopoly Learning Media Material for Geometry Mathematics for Class VI Elementary Schools". The aim of this research is to determine the level of validity, practicality and effectiveness of the product being developed. The method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE development model. The results of this research are that monopoly media received an average validity score from material experts and media experts of 87%. The average practicality score from class VI teachers and students was 94.5%. The average score for evaluation questions in the broad test is 96 with 100% classical completeness.
Copyrights © 2024